Angin Besar Menghancurkan Sebuah Caffe

Banyak orang takut dengan angin phuting beliung yang di maksud Phuting beliung adalah pergerakan angin secara berputar dengan kecepatan kurang lebih sekitar 63 km/jam yang berputar secara garis lurus dengan lama kejadian biasanya maksimum selama 5 menit.

angin puting beliung

Orang biasa menyebut angin ini dengan istilah angin Leysus, atau di daerah Sumatera biasa disebut dengan Angin Bohorok serta masih banyak sebutan yang lainnya. ada Angin yang sejenis dengan phuting beliung tetapi kekuatannya lain dengan ukuran yang lebih besar angin tersebut biasanya ada di daerah Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan kurang lebih mencapai 320 km/jam dan berdiameter sebesar 500 meter.

Angin phuting beliung ini sering terjadi di siang hari atau sore hari saat terjadi musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang di lewatinya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan bisa sampai terlempar di udara.

angin puting beliung

kali ini angin phuting beliung melanda sebuah kecamatan di kota kecil yang berada di Jawa Timur daerah kelahiran presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, kejadian ini terjadi saat sore hari dan membuat orang di daerah tersebut begitu terkejut, pada awalnya angin berhembus begitu kecil tapi lama kelamaan membesar serta menghancurkan sebuah caffe di Wlingi dan membuat rumah warga serta pepohonan rusak, belum di ketahui pasti berapa kerugian yang di alami oleh warga.

Related Posts: