Menu Andalan Bulan Ramadhan Dan Hari Raya

Siapa orang yang tidak mengenal kuliner khas Indonesia satu ini yaitu opor ayam? Hampir semua ibu rumah tangga bisa memasak opor ayam yang berkuah santan gurih dan kental yang pasti tersedia sebagai menu utama di hari raya idul fitri. Sebentar lagi, akan segera tiba hari raya idul fitri dan tentunya anda ingin menyuguhkan yang terbaik bukan untuk semua keluarga, kerabat dan handai tolan yang bersilaturohim kerumah? Karena itu, disini resep opor ayam tersedia untuk anda serta dapat anda buat sendiri dirumah. Umumnya,  opor sajian ayam dihidangkan bareng dengan ketupat atau lontong namun bisa juga disuguhkan bersama nasi yang hangat dan special. Sebagai sayurannya banyak yang menyukai sayur sambal daging atau juga buncis dengan rasa pedas. Lebaran tinggal sebentar lagi karenanya tidak ada salahnya kita mempersiapkan semua makanan dan minuman terbaik yang dapat dinikmati oleh para tamu yang berkunjung.

Untuk menu opor ayam, anda bisa menggunakan daging ayam yang tidak begitu tua usianya sehingga dagingnya dapat empuk ketika di masak. Alternative lain adalah memakai ayam kampung yang rasanya dagingnya serta tekstur jauh lebih gurih dari pada ayam potong atau ayam negeri. Namun semua kembali pada selera anda masing-masing. Berikut merupakan resep opor ayam yang bisa anda praktikan dirumah.

Bahan Untuk Membuat Opor Ayam
    1 ekor ayam kampung , bersihkan lalu potong sesuai dengan selera
    garam dan gula pasir putih secukup nya
    1 liter santan segar bukan santan instant
    1 buah lengkuas ukuran sedang
    2 batang serai ( memarkan )
    jahe sekitar 3 cm ( memarkan )
    daun salam
  
Bahan Bumbu Halus :

    1 jari sedang kunyit
    5 buah kemiri
    ¼ sendok teh jintan
    7 siung bawang merah sedang
    ½ buah pala
    1 sendok teh merica yang dihaluskan
    5 buah bawang putih ukuran sedang
    1 sendok kecil ketumbar

Cara Membuat Opor Ayam Istimewa untuk Idul Fitri

sediakan wajan anti lengket ukuran besar lalu masukkan sedikit minyak dan tuangkan semua bumbu yang telah dihaluskan menjadi satu. Tumis hingga bau harum keluar. Lalu setelah itu masukkan serai, jahe, daun salam juga lengkuas kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan ayam kampung yang telah di potong-potong.

Namun lebih baik ukuran potongan ayam jangan terlalu besar untuk membuat bumbu agar bisa meresap dengan baik. aduk terus ayam kemudian masak memakai api kecil agar daging ayam dapat empuk dengan maksimal kemudia aduk perlahan hinga warna masakan perlahan berubah kekuningan kemudian tambahkan santan segar, juga gula pasir serta garam secukupnya. tunggu dan masak terus hingga benar-benar matang dengan tanda ayamnya empuk.




opor ayam istimewa


Jika anda memilih ayam kampung untuk dimasak opor maka anda memang harus memasak ayamnya lebih lama bibandingkan memasak opor menggunakan daging ayam negeri. Selain itu penggunaan santan segar jauh lebih baik dibanding santan instant sebab akan membuat perbedaan yang signifikan terhadap rasa akhirnya nanti. Untuk tambahan lauk dalam masakan opor ini anda bisa menambahkan lauk lainnya misalnya tempe, tahu, cumi bahkan gurita. Cara mengolahnya sama namun untuk tahu jangan dimasak sampai terlalu lama karena dapat membuat tahu menjadi terlalu lembut bahkan malah hancur.

Jika anda menyukai daging ayam asap, maka opor ayam dengan bahan ayam kampung yang awalnya telah di asapi rasanya akan jauh lebih nikmat dan gurih. Masakan opor ayam ini sangat sesuai untuk dijadikan sajian santap siang dan makan malam anda. Dijamin, hari raya idul fitri anda akan makin menyenangkan buat anda dan semua anggota keluarga.

Related Posts: